Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
Blogger Jateng

5 Cara Jitu Menanam Dan Merawat Jambu Madu

5 Cara Jitu Menanam Dan Merawat Jambu Madu – Bagaimanakah cara atau tips menanam dan merawat jambu madu supaya bisa tumbuh subur ?

Cara Menanam Dan Merawat Jambu Madu

Diketahui bahwa jambu air jenis madu dikenal mempunyai citarasa yang begitu manis dan legit menyerupai madu.

Bentuk buahnya pun cantik dan tumbuhan ini asli berasal dari Deli yang bisa dibudidayakan dengan baik di pekarangan belakang rumah maupun memakai media pot.

Beruntung sekali anda jika ternyata berhasil mengembangkan tanaman ini dalam skala besar, dimana diketahui bahwa tingkat kesulitan dalam merawat tanaman ini pun tergolong rendah.

Bahkan anda hanya membutuhkan waktu sekitar 1 jam / hari untuk merawat pohon jambu madu yang sudah berusia dewasa agar bisa tumbuh optimal.

Erat hubungannya dengan penjelasan kami tersebut di atas, simak kiat – kiat penanaman dan perawatan jambu madu berikut ini :

1). Tanam Pada Posisi Yang Tepat

Menanam pohon jambu madu bisa anda lakukan secara langsung di tanah atau dengan bantuan media pot.

Idealnya, buat lubang penanaman di tanah yang mempunyai jarak sekitar 2,5 sampai 3 meter sehingga masing – masing tanaman akan tumbuh secara normal.

Sedangkan untuk penanaman yang menggunakan pot, anda bisa menerapkan atau melakukan teknik pembuatan tabulampot yang benar dan sederhana.

Penanaman yang dilakukan terlalu rapat atau penggunaan pot yang berukuran kecil justru berakibat terjadi ketidaknormalan pertumbuhan terhadap tanaman – tanaman tadi sebagai bibit baru.

2). Siram Tanaman Pada waktu Pagi dan Sore Hari

Jambu madu merupakan tanaman yang membutuhkan air dalam jumlah cukup banyak untuk bisa tumbuh besar dan normal.

Itulah sebabnya, dibutuhkan tehnik penyiraman tanaman minimal 2 kali sehari ketika pagi dan sore.

Namun bila cuaca sedang panas ( musim kemarau ), intensitas penyiraman bisa anda tingkatkan menjadi 3 – 4 kali sehari agar kebutuhan air dapat terpenuhi.

Prosedur penyiraman tanaman adalah dilakukan dengan metode manual, irigasi, atau memakai kran otomatis.

3). Berikan Pupuk Kandang Dan Pupuk NPK

Agar tingkat kesuburan media tanam dapat terjaga sehingga pohon jambu dapat berbuah lebat, anda perlu memberikan perhatian penuh terhadap kondisi keseluruhan tanaman dengan melakukan pemupukan, berikan pupuk kandang dan pupuk NPK secara berkala.

Taburkan pupuk ini di sekitar pohon jambu madu tanpa mengenai batang utamanya.

Ketika mendekati masa panen, frekuensi pemberian pupuk bisa lebih ditingkatkan setiap 2 kali / minggu.

4). Berantas Hama Dan Penyakit

Pemberantasan hama dan penyakit bertujuan untuk memastikan bahwa tanaman mampu menghasilkan buah dengan kualitas tinggi tanpa mengalami pembusukan, rasa kurang sempurna serta kecacatan bentuk luar.

Maka dari itu, lakukan penyemprotan secara rutin dengan menggunakan pestisida dan insektisida yang sesuai dengan usia tanaman.

Guna menghindari serangan ulat, bungkus masing – masing bakal buah dengan memakai kertas koran atau plastik.

5). Pilih Bibit Dari Varietas Unggulan

Paling utama dan perlu diingat bahwa anda harus jeli dalam memilih bibit jambu madu yang berasal dari varietas unggulan dan berkualitas tinggi.

Cara Menanam Dan Merawat Jambu Madu

Anda harus bisa memilih bibit semacam ini karena telah terbukti mempunyai daya tahan dan daya produksi yang sempurna.

Walaupun harganya mahal, tetapi hal ini merupakan suatu bentuk investasi yang aman untuk anda lakukan dal mendapatkan hasil panen yang memuaskan. Sehat dan berlimpah.

Demikian ulasan singkat dari kami, semoga bermanfaat !

Posting Komentar untuk "5 Cara Jitu Menanam Dan Merawat Jambu Madu"