Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
Blogger Jateng

Cara Membudidayakan Bunga Sedap Malam

Cara Membudidayakan Bunga Sedap Malam – Bunga sedap malam terkenal akan baunya yang sangat harum dan kesegarannya yang tahan lama juga karena bentuknya cantik bila dipandang.

Cara Membudidayakan Bunga Sedap Malam

Keharumannya yang setara dengan bunga melati disebut-sebut dapat menenangkan orang-orang yang berada disekelilingnya.

Dalam ilmu kesehatan bunga sedap malam dapat menjadi obat bagi orang mengalami masalah susah tidur, rematik dan influenza.

Membudidayakan bunga sedap malam tidaklah sesulit seperti yang dibayangkan.

Berikut ini penjelasan cara membudidayakan bunga sedap malam.

Syarat Tumbuh

Bungan sedap malam sangat baik ditanam di daerah dataran rendah dengan ketinggian 600 hingga 1500 meter dari permukan air laut.

Untuk bunga sedap malam yang berbunga tunggal dan semi ganda ditanam didaerah dataran sedang.

Pada daerah dataran sedang ini bunga akan memiliki tangkai yang panjang, tidak kokoh dan malainya agak panjang.

Jumlah kuntum bunganya pun tidak banyak sehingga kualitasnya menjadi tidak baik dan tidak layak untuk dipasarkan.

Penyiapan bibit

Setelah mendapatkan lahan yang pas untuk ditanami bunga sedap malam,. Selanjutnya kita masuk kedalam proses penyiapan bibit.

Bibit tanaman ini bisa kita peroleh dari umbi yang diambil dari induk yang telah memasuki usia kurang lebih sekitar 1 tahun 5 bulan.

Pilih umbi yang akan dijadikan sebagai bibit yang berukuran sebesar 1 sampai 2 cm dan telah dikeringkan selama 3 minggu.

Setelah melewati proses pengeringan simpan umbi selama 1 sampai 2 bulan, ini dimaksudkan supaya ketika ditanam tunas akan cepat keluar.

Proses penanaman

Gemburkan tanah lahan yang akan ditanami bunga sedap malam. Tebar pupuk kandang diatas tanah yang telah digemburkan secara merata.

Buat parit antara bedengan yang satu dengan yang lain senagai drainase. Buat lobang dengan kedalaman sama dengan ukuran tinggi umbi.

Beri pupuk urea dan basahi tanah dengan air. jika menanam lebih dari satu bunga sedap malam, beri jarak antar bunga dengan jarak 35 cm.

Perawatan

Seperti halnya pada bunga lain, proses perawatannya cukup disiram pada pagi dan sore hari. Setelah tanaman berumur 6 bula beri pupuk campuran UREA dan TSP dengan perbandingan sama.

Baik itu tadi adalah penjelasan singkat mengenai cara budidaya dan perawatan bunga sedap malam. semoga bermanfaat dan sampai jumpa pada artikel selanjutnya.

Posting Komentar untuk "Cara Membudidayakan Bunga Sedap Malam"