Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
Blogger Jateng

Panduan dan Cara Budidaya Bunga Mawar Untuk Pemula

Panduan dan Cara Budidaya Bunga Mawar Untuk Pemula – Bunga mawar adalah salah satu jenis yang sangat populer dan digemari oleh  hampir setiap orang.

Cara Budidaya Bunga Mawar Untuk Pemula

Biasanya orang-orang menanam bunga mawar di pekarangan rumah mereka. Selain harum bunga jenis ini juga bisa menyulap rumah kalian terlihat menjadi lebih menarik saat dipandang.

Tanaman bertangkai duri dikelompokan menjadi beberapa jenis, yaitu mulai dari mawar merah hingga mawar putih.

Karena keindahan yang dimiliki oleh bunga mawar tidak mengeherankan jika hampir di setiap acara selalu menghadirkan bunga ini.

Selain  itu bunga mawar juga dapat dijadikan sebagai bahan baku untuk membuat parfum, oleh karena itu, bunga mawar memiliki nilai ekonomis yang cukup tinggi. Beruntungnya, tanaman jenis ini sangat mudah untuk dibudidayakan.

Berikut ini tahapan-tahapan dalam membudidayakan bunga mawar.

Memilih Bibit

Bibit bunga mawar bisa diperoleh dengan cara stek batang, mencangkok ataupun dengan okulasi.

Jika kalian ingin yang lebih mudah dan cepat tanpa harus menunggu lama, kalian bisa membeli bibit langsung dari toko bibit bunga mawar. Pilih bibit bung yang telah berumur 6 bulan.

Lahan

Buat lubang dengan kedalaman kurang lebih 35 cm pada lahan yang telah kalian persiapkan dengan diameter lubang kurang lebih 15 cm.

Penanaman Bibit

setelah selesai mempersiapkan lahan, tanam bibit bunga mawar kedalam lubang yang telah dibuat. Jangan lupa beri air pada bibit yang baru ditanam samapai dirasa cukup basah.

Perawatan

Untuk menghasilkan bunga mawar yang baik dan sesuai dengan harapan maka perlu dilakukan perawatan. Berikut perawatan bunga mawar yang dapat kalian lakukan.
  1. Cabut rumput dan gulma yang tumbuh disekitar bunga mawar
  2. Beri pupuk pada bunga mawar. Pemupukan dilakukan secara rutin 3 sampai 4 bulan sekali. gunakan pupuk NPK dengan takaran 5 gram
  3. Siram bunga mawar minimal 1 kali dalam sehari pada waktu pagi hari ataupun sore hari saat cuaca tidak panas agar bunga tetap segar. Siram dengan air secukupnya.
  4. Pangkas bunga mawar agar dapat menghasilkan tunas-tunas baru dan untuk menjaga tanaman dalam kondisi sehat

Baik itu tadi adalah penjelasan singkat mengenai cara budidaya bunga mawar dan perawatannya. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa di artikel selanjutnya.

Posting Komentar untuk "Panduan dan Cara Budidaya Bunga Mawar Untuk Pemula"