Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
Blogger Jateng

Panduan Sederhana Budidaya Markisa Organik

Panduan Sederhana Budidaya Markisa Organik – Ada banyak jenis hewan dan tumbuhan yang hanya bisa ditemui di Indonesia saja, bahkan ada beberapa yang menjadi ciri khas tersendiri bagi Indonesia.

Cara Budidaya Markisa Organik

Salah satu tanaman yang cukup populer di kalangan masyarakat Indonesia adalah markisa.

Adapun daya tarik tanaman ini adalah buahnya yang segar dan manis. Melihat potensinya yang sangat besar, banyak orang yang berusaha mempelajari teknik budidaya markisa, baik untuk kebutuhan pribadi maupun untuk keperluan bisnis.

Jika anda juga ingin mengetahui cara membudidayakan tanaman ini, simak beberapa hal dibawah ini.

Berikut hal-hal yang harus diperhatikan saat akan membudidayakan tanaman markisa.

Pemilihan Bibit

Bibit markisa dapat diperoleh melalui berbagai cara. Cara paling mudah adalah dengan membeli bibit markisa siap tanam.

Selain itu anda juga dapat melakukan pembibitan sendiri. Pembibitan dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu melalui biji atau dengan menggunakan teknik stek.

Persiapan Lahan

Selanjutnya anda dapat mulai mempersiapkan lahan dengan cara membersihkan lahan dari gulma.

Jika lahan telah siap, maka anda dapat memulai proses penanaman. Jarak tanam ideal untuk tanaman markisa adalah 3 x 3 m atau 2 x 4 m.

Hal lain yang dianjurkan mengenai cara tanam markisa yang baik adalah dengan memberikan kombinasi pupuk kandang pada tanah bagian atas.

Perawatan dan Pencegahan Hama

Perawatan tanaman terbagi menjadi beberapa langkah mulai dari pengairan, pemupukan, pemangkasan, serta pembuatan para-para.

Markisa termasuk jenis tanaman yang sangat bergantung pada air. Oleh sebab itu, pengairan secara teratur sangat dianjurkan, terutama pada musim kemarau.

Pemupukan tanaman markisa dipengaruhi oleh dua faktor utama yaitu fase pertumbuhan serta umur tanaman dan kesuburan tanah. Anda dapat menggunakan berbagai jenis pupuk dengan dosis tertentu.

Hal lainnya yang tidak kalah penting adalah pengendalian hama penyakit. Ada beberapa jenis hama yang bisa mengancam kualitas produksi tanaman markisa yang sedang dibudidayakan seperti kutu daun dan kutu buluh putih.

Sementara jenis penyakit yang cukup sering merusak tanaman markisa adalah busuk pangkal batang dan buah berkayu.

Cara terbaik mengatasi hama dan penyakit pada tanaman markisa dengan menjaga sanitasi kebun dan merawat tanaman secara teratur.

Posting Komentar untuk "Panduan Sederhana Budidaya Markisa Organik"