Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
Blogger Jateng

Teknik Budidaya Tanaman Hias Florida Beauty

Teknik Budidaya Tanaman Hias Florida Beauty – Jika menyebut tanaman satu ini dengan nama Dracaena, mungkin akan kebingungan dan tidak tahu jenis tanaman seperti apa itu.

Cara Budidaya Tanaman Hias Florida Beauty

Padahal tanaman jenis ini banyak ditanam atau dimiliki oleh masyarakat Indonesia pada umumnya.

Jenis Tanaman Hias Florida Beauty

Dracaena memiliki beberapa jenis, mulai dari Dracaena marginata, Dracaenafragrans, Dracaenajanet craig, Dracaena godseffiana sampai dengan Dracaena reflexa.

Teknik Budidaya Tanaman Hias Florida Beauty

Namun yang sedang naik daun dan banyak dijadikan tanaman hias adalah jenis Dracaena surculosa atau dalam Bahasa Inggris disebut dengan nama Gold Dust Dracaena atau Spotted Dracaena yang dalam Bahasa Indonesia lebih dikenal dengan nama Dracaena Bintik, Suji atau Florida Beauty.

Tanaman yang aslinya berasal dari daerah hutan hujan di Afrika Barat ini memiliki ciri khas berupa daun yang memiliki bentuk pipih, agak elips, jika masih dalam keadaan kuncup akan tumbuh mengerucut sangat rapat yang secara perlahan akan mengembang dan ketika sudah mekar, maka setiap daunnya akan terlihat banyak bintik putih berpadu warna krem.

Untuk membudidayakannya tanaman hias Florida Beauty hanya ada satu cara yaitu dengan melakukan stek batang.

Namun perlu diperhatikan, indukan tanaman hias Florida Beauty harus minimal berusia 1 tahun baru dapat dilakukan penyetekan karena jika kurang dari itu, dikhawatirkan hasil stek dan juga indukannya akan mati.

Cara melakukan stek pun seperti halnya stek batang pada umumnya. Setelah menyetek, maka batang tanaman hias Florida Beauty harus ditempatkan di tempat yang sudah berisikan percampuran media tanam arang sekam dan cocopeat dengan perbandingan kuantitas 2:1 yang ditempatkan di dalam pot atau tempat lain guna menampung medua tanam tersebut.

Ketika tanaman hias Florida Beauty hasil stek sudah berusia 2-3 bulan, maka daunnya akan tumbuh mekar dan menunjukkan bintik-bintik putih. Semakin banyak bintik yang keluar atau terlihat, maka semakin indah pula tanaman hias satu ini.

Untuk penempatannya, sebenarnya tidak ada masalah menempatkan tanaman hias Florida Beauty ini di manapun, namun lebih disarankan untuk meletakkannya di sekitar rumah yang tidak terkena cahaya matahari langsung.

Berikan pupuk kompos atau NPK kurang lebih satu bulan sekali dan sirami sehari 1 kali, maka dipastikan tanaman hias Florida Beauty milik Anda ini akan tumbuh subur dan cantik.

Posting Komentar untuk "Teknik Budidaya Tanaman Hias Florida Beauty"