Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
Blogger Jateng

Teknik Budidaya Tanaman Hias Gelombang Cinta

Teknik Budidaya Tanaman Hias Gelombang Cinta – Beberapa tahun lalu, tanaman anthurium atau lebih dikenal dengan nama gelombang cinta santa populer dan banyak orang yang memilikinya.

Budidaya Tanaman Hias Anthurium

Hal tersebut dikarenakan keindahan yang terletak pada bagian daunnya.

Tidak hanya itu saja, tanaman hias gelombang cinta juga memiliki kesan alami dan bergaya modern natural yang kuat.

Selain itu, tanaman anthurium ini tidak memerlukan tempat di pekarangan karena dapat ditanam dengan menggunakan media pot dan dapat ditempatkan di berbagai tempat.

Jika beberapa waktu lalu harga dari tanaman anthurium dapat mencapai puluhan sampai ratusan juta, sekarang ini justru seperti tidak memiliki nilai yang berlebih.

Akan tetapi bukan berarti Anda tidak mempunyai peluang untuk dapat membudidayakan jenis tanaman ini krrena diperkirakan tren anthurium akan kembali dan memiliki harga jual yang tinggi.

Untuk memulai bisnis budidaya tanaman hias gelombang cinta, ada beberapa langkah yang harus dilakukan. Berikut panduan singkat sebelum melakukan budidaya tanaman hias gelombang cinta.

Cara Budidaya Tanaman Hias Gelombang Cinta

Mengetahui jenisnya

Tentu saja, untuk membudidayakan tanaman satu ini, Anda harus mengetahui terlebih dahulu jenis-jenis dari anthurium yang ada di Tanah Air.

Di Indonesia, tanaman anthurium yang paling banyak tumbuh adalah jenis kuping gajah, lidah gajah, rafidooa, wali songo, scherzerianum, andreanum dan makrolobum.

Semuanya sangat cocok digunakan sebagai penghias dan pemercantik ruangan karena pada dasarnya tanaman anthurium ini adalah tanaman hias yang dapat memperindah tempat tinggal.

Wadah dan media tanam

Siapkan pot yang berukuran cukup besar untuk menanam benih, biji atau tanaman anthurium ini.,

Namun sebelumnya, pada bagian dasar pot, tempatkan dulu pecahan genteng atau gabus yang berfungsi sebagai penyaring agar tanah tidak ikut keluar ketika dilakukan penyiraman.

Setalah itu, tutup genteng atau gabus tersebut dengan media tanam berupa campuran tanah dan pupuk kompos yang telah diaduk menjadi satu.

Memasukkan tanaman anthurium ke dalam pot

Setelah wadah dan media tanam dipersiapkan, Anda dapat memasukkan atau menanam tanaman anthurium ke tempat tersebut.

Tambahkan media tanam dengan ketinggian sekitar 3-5 centimeter dari permukaan pot kemdian letakkan pot berisikan tanaman hias gelombang cinta ini di tempat yang tidak terlalu banyak terkena sinar matahari langsung.

Perawatan

Untuk perawatannya tidak terlalu susah karena Anda hanya perlu memberikan air secukupnya dan juga pupuk setiap 1-2 hari sekali.

Jika ada daun yang terlihat rusak, Anda dapat memotongnya agar terlihat kembali bersih dan menarik. Anda juga dapat memberikan nutrisi berupa susu cair atau bubuk atau juga vitamin khusus tanaman agar anthurium yang Anda tanam dapat terus sehat.

Mudah bukan? Nah, silakan mencobanya sendiri di rumah.

Posting Komentar untuk "Teknik Budidaya Tanaman Hias Gelombang Cinta"